Friday, February 19, 2016

CERBUNG TERBARU: SCP – MALEVOLENT CREATURES

 

title_redacted_by_ultraboom3-d4pio2q

Setelah dulu sempat membuat cerbung Jeff dan tokoh-tokoh creepypasta, kini admin mulai beralih ketertarikannya pada SCP (Secure Contain Protect). Mulai kali ini admin akan coba mengeksplore tema itu lebih jauh dengan menerbitkan fan fiction SCP berjudul “Malevolent Creatures”. Cerbung ini akan mengisahkan sejumlah remaja dengan catatan kriminal yang terdampar di fasilitas SCP sebagai D-class personnel, yakni personel yang dapat “dikorbankan” demi menguji coba interaksi manusia dengan makhluk-makhluk koleksi SCP.

Dalam cerita ini akan dimuat beberapa karakter SCP sehingga akan lebih baik jika kalian mendalami tentang SCP dengan membaca beberapa artikel yang ada di berbagai blog yang membahas SCP secara sekilas (silakan googling sendiri). Namun apabila tidak, juga sebenarnya tidak apa-apa dan tidak akan terlalu berpengaruh, sebab gue membuat cerita ini dengan mencoba “seramah” mungkin dengan pembaca yang mungkin masih awam dengan SCP, termasuk memberikan bonus gambar sebagai ilustrasi seberapa mengerikannya koleksi SCP (buat yang belum tahu tentang SCP silakan baca “MUST READ” gue di bawah).

Cerbung ini akan gue bagi menjadi 12 chapter (plus epilog) dan gue menyadari benar bahwa serial ini bakalan lebih “dark” alias kelam ketimbang cerbung-cerung gue terdahulu. Jadi kebijakan pembaca sangatlah diharapkan, jika tidak terlalu kuat dengan materi yang menimbulkan trauma, maka sebaiknya menghindari untuk membaca cerbung ini.

Seperti biasa, feedback dari pembaca sangatlah diharapkan. Silakan tunggu saja kemunculannya di blog gue ini.

MUST READ!!!

Pasti banyak yang sudah tahu dengan SCP. SCP diklaim sebagai organisasi yang benar-benar ada. Tugasnya, seperti namanya (Secure, Contain, Protect) adalah mengkoleksi benda-benda atau makhluk supranatural yang keberadaannya tak bisa dijelaskan oleh akal sehat. Yah, mirip-mirip X-Files lah. Namun tentu saja SCP tak benar-benar nyata. SCP sendiri, mirip dengan creepypasta ataupun reddit (dan yang terbaru, Holder) sebenarnya adalah sebuah situs dimana para pembacanya dapat memasukkan sendiri postingan mereka tentang makhluk-makhluk atau benda gaib karangan mereka.

Koleksi SCP sendiri berjumlah ribuan. Namun membaca postingan SCP ini bakalan membuat kalian bingung setengah mati. Pertama, semua postingan SCP yang original ditulis dalam bahasa Inggris, dalam format laporan (ada langkah-langkah pengamanan, deskripsi, hasil wawancara, hasil tes, dan lain-lain dalam bahasa ilmiah). Belum lagi ada banyak hal yang “disensor” alias diblok dalam laporannya, membuat artinya menjadi ambigu dan tak diketahui.

Namun di sinilah seni dalam menulis tiap artikel SCP. Semua ditulis se-absurd dan se-rahasia mungkin, menyebabkan tiap artikel SCP memiliki kengerian tersendiri yang unik. Tak semua hal dijelaskan secara gamblang, semua diserahkan kepada pembaca untuk menyimpulkan dan membayangkannya dalam imajinasi mereka sendiri. Karena memang tak ada penulis tunggal SCP, maka ada beberapa SCP yang benar-benar menyeramkan, namun ada juga yang biasa-biasa saja atau bahkan “crappy”. Nah, buat kalian yang kesulitan mencari terjemahan SCP (karena gue lihat di Indonesia sendiri belum ada yang serius menggarap SCP), daripada gue hadirkan dalam format aslinya (terjemahan) yang njelimet, semua SCP yang keren akan gue rangkum ke dalam cerbung terbaru gue.

NB: Setiap objek SCP diklasifikasikan menjadi 3 kategori utama, yakni SAFE (aman), EUCLID (kemungkinan tidak berbahaya), dan KETER (paling berbahaya).

Pranala luar: website asli SCP (masih dalam bahasa Inggris)

1 comment:

  1. Mantap SCP, ditunggu banget nih bang. Penasaran ceritanya bakal gimana. Semoga sukses!

    ReplyDelete